Kenapa poligami dan pohon mangga?

Baca judulnya aja kayaknya beberapa saudara saudara perempuan kita udah eneg ya? Insya Allah deh, beberapa pembahasan berikut tidak menyudutkan kaum wanita. Ada beberapa pemikiran yang tidak sengaja terlintas ketika penulis duduk makan kebab di kawasan wisata Sunan Ampel bersama sobat tentang sebuah pohon mangga. Hanya dengan makanan ringan kebab dan burger Africa (penjualnya menamakan demikian) seharga total 22ribu rupiah.

Pohon mangga yang termasuk kedalam marga mangifera ini memiliki nama ilmiah Mangifera Indica. Tanpa mengurangi rasa hormat pada pemerhati ilmu biologi, kita tidak untuk membahas hal ini secara detail. Kita lihat sifatnya mulai dari akar yang tunggang, menghujam kebawah dengan satu akar yang kuat. Sehingga apapun ukuran batang yang muncul dipermukaan tanahnya tak akan membuat batang ini tergoyahkan sedikitpun biar pun angin kencang melanda. Belum lagi terkadang tinggi batangnya yang mampu menjulang tinggi hingga 40 meter membuat departemen pertamanan kota terpaksa menebangnya jika pohon ini mencungul di pinggir jalan kala hendak musim penghujan.

Inilah yang diharapkan banyaknya batang pohon mangga. Meskipun terlihat kokoh sebuah batang pohon mangga, ternyata yang tak terlihat permukaan memiliki peranan penting. Mengambil sari pati dari tanah sambil terus menopang batang yang kokoh. Jika dianalogikan, seorang wanita perlu menjadi akar tunggang jika tak ingin batang yang kokoh, atau suaminya ini, membentuk akar yang baru, bahkan membuat akar serabut. Wanita yang tidak berharap dipoligami seyogyanya mampu memenuhi semua kebutuhan suami dan keluarganya. Selain merupakan kewajiban, hal ini merupakan ibadah. Insya Allah deh, kalo udah begini ga mungkin tuh batang bakal bikin akar-akar yang lain. Wallahu a’lam.

Advertisements
Posted in Way of Life - islam | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Kejar Sholat Sampai 50 kali Sholat dalam Sehari

Siapa sih yang ga pernah denger kata Isra’ Mi’raj? Bahkan yang dulu waktu kecilnya ga sekolah ngaji pun pasti pernah denger yang namanya Isra’ Mi’raj. Kalo deket-deket tanggalnya yang deprkirakan isra’ mi’raj aja sekitar tanggal 27 Rajab, banyak tuh ta’mir mesjid yang ngadain acara-acara pengajian. Bagus banget sih, cuman kalo bisa ya setiap hari, hihihi, dan ga bentuknya ga musti peringatan isra’ mi’raj juga. Tentang perjalanan Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang dapet perintah Sholat. Lebih detailnya ente bisa liat KLIK dimari dah. Nabi Musa ’Alaihissalam saking sayangnya ama Rasulullah minta Rasulullah biar Allah SWT ngasi keringanan. Dari perintah 50 Sholat jadi 5 kali Sholat dalam sehari. Makanya muncul dah Sholat dari pagi mulai Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib ama Isya. Ditotal ya bener, lima kali Sholat. Kita sebagai kaum muslim, wajib tuh hukumnya percaya ama ni kisah. Ga perlu dicari kapan waktunya. Soalnya emang gada faedahnya. Ikutin Abu Bakar Alaihissalam aja. Beliau langsung percaya begitu denger kabar ini (Isra‘ Mi’raj). Subhanallah emang.

Nah, sebenernya kan Allah azza wa jalla kasi perintah 50 kali sholat tuh dalam sehari, yang mau gue sampein disini, kabar gembira, sebenernya kita bisa sholat sehari 50 kali sholat, dan Insya Allah ga bakal ganggu aktivitas yang lain. Yuk itung-itungan sederhana dah.

Dikurangi yang wajib, sholat 5 waktu, udah bikin 50 jadi 45. Utang kita tinggal 45 kali sholat nih sob. Kita cari sholat-sholat yang lainnya. Nih, kumpulan sholat sunnah yang udah diringkas:

Macam-macam Sholat Sunnah Lengkap

  1. Sholat Sunnah Jamaah
    1. Idul Fitri
    2. Idul Adha
    3. Kusuf (Gerhana Matahari)
    4. Khusuf (Gerhana Bulan)
    5. Istiqo’ (Sholat minta hujan)
    6. Tarawih
    7. Witir
  1. Sholat Sunnah Sendirian
    1. Rawatib
    2. Dhuha
    3. Tahajjud (Qiyamullail)
    4. Witir
    5. Tahiyattul Masjid
    6. Taubat
    7. Tasbih
    8. Istikharah
    9. Hajat
    10. Sunnah 2 rakaat di masjid sebelum pulang kerumah setelah bepergian
    11. Awwabiin – 6 rakaat antara maghrib dan isya’
    12. Wudhu
    13. Sunnah Mutlaq
    14. Isyraq (setelah terbit matahari)

Oke, sedikit banyak mungkin ada yang pernah melakukan sholat-sholat yang disebutkan diatas. Nah, sekarang kita coba kejar 45 kekurangan kita ini. Kita hitung yang sholat sendiri aja dulu ya, kalo berjamaah, plus plus nya aja 😀

  1. Rawatib total 8 kali sholat, sisa 37
  2. Dhuha deh 12 raka’at, total 6 kali sholat, sisa 31
  3. Tahajjud, asumsi ga ngantuk berat, biar kayak Rasulullah, 10 raka’at aja dah, total 5 kali sholat, sisa 26
  4. Witir, enaknya sih satu raka’at aja, total 1 kali sholat, sisa 25
  5. Tahityatul masjid, kemasjid minimal 5 kali dah, asumsi rajin ke mesjid nih, total 5 kali sholat, sisa 20
  6. Wudhu, dari 5 sholat sunnah disebutin diatas, masak iya sholatnye kaga pake wudhu, total 7 kali sholat, sisa 13
  7. Isyraq, 1 kali sholat, sisa 12
  8. Hajat, masak iya idup kaga pengen apa-apa? Minta lewat hajat nih, 4 raka’at cukuplah, 2 kali sholat, sisa 10
  9. Istikharah, hidup pasti penuh dengan pilihan, 4 raka’at cukup deh, 2 kali sholat, sisa 8
  10. Sisa 8 kali sholat, buat Allah ga mungkin susah kan? Tambahin aja yang utama-utama kayak Dhuha ama Tahajjud. Cuma kurang 16 raka’at doang. Nah sisanya kreatifitas dari pembaca masing-masing deh. Sukur-sukur ada tambahan dari sholat sunnah yang berjamaah.

Alhamdulillah, sebetulnya bisa ternyata 50 kali sholat dalam sehari. Yuk dicoba, siapa tahu dikasih kejutan ama Allah. Wallahu a’lam.

Sumber (diakses oktober 2012):

http://muslim.or.id/aqidah/kisah-isra-miraj.html

http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/tuntunan-shalat-sunnah-rawatib.html

http://al-atsariyyah.com/pembahasan-lengkap-shalat-sunnah-rawatib.html

Posted in Way of Life - islam | Leave a comment

Hi there.

None, just wanna say hi.
I hope this blog more function than the writer.
hehehe

Posted in Uncategorized | Leave a comment