Kenapa poligami dan pohon mangga?

Baca judulnya aja kayaknya beberapa saudara saudara perempuan kita udah eneg ya? Insya Allah deh, beberapa pembahasan berikut tidak menyudutkan kaum wanita. Ada beberapa pemikiran yang tidak sengaja terlintas ketika penulis duduk makan kebab di kawasan wisata Sunan Ampel bersama sobat tentang sebuah pohon mangga. Hanya dengan makanan ringan kebab dan burger Africa (penjualnya menamakan demikian) seharga total 22ribu rupiah.

Pohon mangga yang termasuk kedalam marga mangifera ini memiliki nama ilmiah Mangifera Indica. Tanpa mengurangi rasa hormat pada pemerhati ilmu biologi, kita tidak untuk membahas hal ini secara detail. Kita lihat sifatnya mulai dari akar yang tunggang, menghujam kebawah dengan satu akar yang kuat. Sehingga apapun ukuran batang yang muncul dipermukaan tanahnya tak akan membuat batang ini tergoyahkan sedikitpun biar pun angin kencang melanda. Belum lagi terkadang tinggi batangnya yang mampu menjulang tinggi hingga 40 meter membuat departemen pertamanan kota terpaksa menebangnya jika pohon ini mencungul di pinggir jalan kala hendak musim penghujan.

Inilah yang diharapkan banyaknya batang pohon mangga. Meskipun terlihat kokoh sebuah batang pohon mangga, ternyata yang tak terlihat permukaan memiliki peranan penting. Mengambil sari pati dari tanah sambil terus menopang batang yang kokoh. Jika dianalogikan, seorang wanita perlu menjadi akar tunggang jika tak ingin batang yang kokoh, atau suaminya ini, membentuk akar yang baru, bahkan membuat akar serabut. Wanita yang tidak berharap dipoligami seyogyanya mampu memenuhi semua kebutuhan suami dan keluarganya. Selain merupakan kewajiban, hal ini merupakan ibadah. Insya Allah deh, kalo udah begini ga mungkin tuh batang bakal bikin akar-akar yang lain. Wallahu a’lam.

Advertisements
This entry was posted in Way of Life - islam and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan komentar bagi penulis - Thank's

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s